PROSES MEMANDIKAN BURUNG LOVEBIRD





Proses mandi bagi burung adalah merupakan kebutuhan burung untuk menjaga dan meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh, dengan mandi burung akan merasa segar.

Adapun cara memandikan burung lovebird harus memperhatikan beberapa hal yaitu sbb :.

Memandikan burung sebenarnya cukup 1 kali dalam 2 hari, tapi jika Anda ingin stamina burung Anda lebih prima Anda bisa menambah kuantitas mandi. Sedangkan untuk cara mandinya sendiri tidak terlalu rumit, namun yang Anda perlukan hanyalah kesabaran. Kenapa? karena terkadang burung akan enggan untuk mandi, jika Anda paksa maka burung tersebut bisa saja Ia akan stres. Untuk itu Anda sebagai pemilik harus pandai-pandai dalam memandikan burung.

Adapun cara memandikan lovebird adalah sebagai berikut:

1. Cara memandikan lovebird anakan 
Untuk anakan cara perawatan mandinya sangatlah sederhana, namun dengan kesederhanaan itu sebaiknya Anda tetap hati-hati. Kenapa? karena jika tidak maka bisa jadi air akan masuk ke hidung burung Anda dan akan menyebabkan anakan burung ini sakit.

Sedangkan untuk cara memandikan lovebird anakan sendiri adalah dengan cara berikut:

a. Semprotlah air secara perlahan ke tubuh burung.
b. Pastikan penyemprotan tersebut tidak terkena mata dan hidung burung.
c. Setelah itu Anda bisa jemur burung ini dibawah terik sinar matahari selama 2 jam.
d. Setelah penjemuran selesai Anda bisa mengkredongkan sangkar burung dengan kain.

2. Cara memandikan lovebird dewasa 
Untuk yang dewasa prosesnya mungkin bisa dibilang sedikit rumit, pasalnya untuk burung yang dewasa terkadang menolak untuk dimandikan. Untuk itu Anda sebagai seorang pemilik haruslah cerdik dalam memandikan burung.

Sebab seekor burung apabila menolak untuk dimandikan Ia akan terbang kesana-kemari, untuk mengatasi itu semua sebaiknya Anda lakukan cara-cara sebagai berikut:

  • Jika burung kesayangan Anda terbang kesana-kemari dan enggan untuk dimandikan, maka hal yang paling mungkin dilakukan adalah dengan cara di semprot dengan semprotan embun.
  • Setelah itu biarkan burung tersebut sejenak, proses ini menunggu supaya burung tersebut merasa terbiasa dengan keadaan basah yang Ia alami.
  • Jika sang burung sudah terbiasa maka lalukan penyemprotan seperti biasanya, lakukan penyemprotan dengan pas dan tidak terlalu basah. Kenapa? karena burung tidak akan nyaman dengan keadaan bulu yang basah.
  • Setelah itu baru Anda jemur burung tersebut dibawah terik matahari.
  • Jemurlah setidaknya 2 jam dibawah sinar matahari pagi.
  • Sesudah dijemur Anda bisa mengkredongkan burung tersebut atau menggantangnya.
disadur dari http://www.budidayakenari.com/