CONTOH MAKANAN YANG BAIK UNTUK LOVEBIRD


contoh makanan yang baik dan bergizi untuk lovebird :

Biji – bijian
Anda dapat memberikan lovebird dengan biji-bijian seperti campuran millet putih / merah , biji kenari dan ketan hitam sesuai komposisi. Ts sering memberikan lovebird biji-bijian dengan komposisi milet putih dan merah 75% dan sisanya dengan biji padi dan ketan merah (campuran ini juga ts berikan untuk pakan perkutut), tapi tergantung dari selera anda masing-masing.





Sayur Mayur
Berikan sayur mayur berbagai macam secara selang seling bergantian tiap hari (kalau bisa) seperti : kangkung, sawi , bayam, wortel , jagung dll yang sudah di potong-potong agar mudah dibawa lovebird. Anda juga dapat memberikan sayur yang agak panjang dan digantung disarang, agar lovebird dapat bermain-main sambil menikmati sayuran tersebut.
Makanan tambahan

Anda dapat membeikan buah buahan dan juga jangkrik kecil pada lovebird, tapi jangan keseringan karena akan menggangu sistem pencernaan lovebird. Berikan makanan tersebut antara seminggu sekali untuk menjaga nutrisi lovebird.




Air Minum 
lovebird sering menggunakan air minumnya untuk minum dan mandi, maka tak heran air di wadah sering keruh. Maka anda harus sering sering mengganti air tersebut minimal sehari sekali untuk menjaga kejernihannya. Lovebird termasuk burung yang cerdas anda juga dapat memberikan air minum dengan wadah seperti hamster. 



Tambahan lain
Untuk tambahan lainnya anda perlu memberikan asinan yang bisa anda gantungkan didalam sangkar. Dengan sendirinya lovebird bisa memakan asinan tersebut dengan menjilat-jilatnya, asinan disini diperlukan untuk menjaga kandungan kalsium lovebird.


asinan : tulang sotong